1N3B

Education should be free from Geographic, Ethnicity, Religion, Race, and Social Group Isolation

Laporan Kegiatan Bagi Buku Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri 2015 di Mataso

Reading Local Library - Mataso

Mamiara Menua Padari

Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa Satu Bumi (1N3B) mengadakan kegiatan Bagi Buku Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri di Mataso Kecamatan Embaloh Hulu Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat pada hari Sabtu tanggal 02 Mei 2015.

Perjalanan dari Jakarta menuju Pontianak kemudian Putussibau. Mataso berjarak sekitar 100 KM dari Putussibau, dapat ditempuh selama 3 jam perjalanan darat. Mataso merupakan daerah yang menjadi titik poin beberapa desa di Kecamatan Embaloh Hulu dan sekitarnya, yakni Desa Ulak Pauk, Dusun Nga Sungai, Desa Benua Ujung, Dusun Kerangkang, Desa Benua Martinus, Dusun Pinjawan, Dusun Sadap, Dusun Kelayam, Dusun Paat, Dusun Apan, Dusun Pulan,Dusun Sungai Utik, Dusun Mungguk, Dusun Lauk 1 dan Lauk Rugun. Sekolah Dasar tersebar di desa-desa dan dusun-dusun tersebut. Sekolah Menengah Pertama berada di Benua Martinus dan Apan. Sementara Sekolah Menengah Atas hanya ada di Benua Martinus.

Pemilihan lokasi kegiatan di Mataso adalah berdasarkan beberapa pertimbangan selain karena lokasinya yang berada di daerah perbatasan dengan Malaysia, diantaranya adalah karena Mataso merupakan titik poin beberapa desa di sekitarnya yang mayoritas dihuni oleh Dayak Iban dan Dayak Tamambaloh. Lokasi ini merupakan daerah pertanian/perkebunan lahan kering dengan sumber listrik PLN dan jaringan telepon selular terbatas. Listrik dari PLN hanya tersedia di malam hari dimulai pukul 5 sore hingga 6 pagi. Mayoritas mata pencaharian penduduk adalah petani ladang (karet, gaharu, dan lain-lain).

Dari awal ketika merencanakan kegiatan ini kami telah bekerjasama dengan Taman Nasional Betung Kerihun untuk keperluan survey awal dan penyediaan lokasi kegiatan. Pada saat kegiatanpun kami menggunakan kantor mereka. Bekerjasama dengan tim dari Taman Nasional Betung Kerihun kami mengundang siswa siswi dari SD yang berlokasi di sekitar Mataso, aparat pemerintah daerah setempat, panglima adat, dan perwakilan masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan terbagi menjadi 4 kegiatan utama, yaitu:

  1. Pendirian Rumah Baca (Rumba) untuk warga setempat
  2. Pendidikan sains dan lingkungan bagi murid-murid Sekolah Dasar
  3. Penyuluhan Makanan Sehat untuk masyarakat
  4. Pemutaran film bertema pendidikan.

1N3B dan Sahabat 1N3B berhasil mengirimkan 2.192 jumlah buku yang terdiri dari buku, majalah dan LKS. Ruangan dan sebagian rak disediakan oleh Taman Nasional Betung Kerihun, sedangkan sebagian rak lainnya merupakan pembuatannya dikerjakan oleh masyarakat setempat. Nama rumah baca yang dipilih oleh masyarakat adalah “Mamiara Menua Padari” yang diambil dari gabungan 2 suku Dayak yang ada di Mataso yaitu dayak Iban dan Dayak Tamambaloh yang artinya kurang lebih adalah menjaga suatu tempat untuk menjadi tempat yang terbaik

Aktivitas kegiatan permainan sains dilaksanakan sebelum peresmian rumba, yaitu dimulai dari pukul 08 pagi dengan diawali senam gembira dan  pembagian godie bag kepada seluruh anak-anak. Kegiatan permainan sains ini bertujuan untuk menstimulasi keingintahuan anak di usia dini, mengajak eksplorasi hal-hal sederhana di sekitar mereka, menemukan hal-hal baru, dengan harapan agar mereka jadi pribadi yang lebih unggul di masa datang dan tetap semangat bersekolah. Dalam kegiatan ini dukungan juga diberikan oleh kelompok pramuka (siswa SMA setempat) yang membantu mengkoordinir anak-anak SD.

Sementara itu kegiatan demo masak sehat diikuti oleh 50 perwakilan ibu-ibu yang berasal dari sekitar lokasi kegiatan. Demo masak sehat ini menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar lokasi kemudian dimasak dengan berbagai kreasi menu yang tidak biasa. Tentu saja sesuai dengan nama kegiatan, cara memasak bahan-bahan tersebut dengan cara yang sehat agar gizi yang dihasilkan dari makanan dapat didapat secara maksimal. Dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan ide-ide baru masyarakat sekitar terutama ibu-ibu rumah tangga untuk dapat menyajikan makanan yang tidak hanya sehat tapi juga lezat untuk keluarga tercinta.

Pada malam hari tanggal 02 Mei 2015 dilaksanakan kegiatan pemutaran film pendidikan berlokasi di tempat yang sama dengan kegiatan siang hari yaitu di lapangan TNBK. Fim yang diputar adalah Di Timur Matahari dan Garuda Di Dadaku.

Dana dari para donatur dalam kegiatan bagi Buku Bagi ilmu Bagi Anak Negeri 2015 di Mataso seluruhnya berjumlah Rp.50.753.887,-. Dana tersebut terdiri dari partisipasi perorangan sebesar Rp.39.048.887,- dan penerimaan dari kegiatan penggalangan dana (penjualan merchandise dan garage sale) sejumlah Rp.11.705.000,-. Sumbangan tidak hanya berbentuk uang tunai dan buku, sejumlah simpatisan 1N3B juga menyumbang dalam bentuk natura berupa buku baik buku bekas layak baca maupun buku baru untuk rumah baca, peralatan sekolah, makanan ringan, keahlian hingga tenaga. Sukarelawan dari berbagai latar belakang profesi terlibat dari mulai persiapan kegiatan. Sebanyak 14 orang sukarelawan secara swadaya membiayai dirinya terjun ke lapangan pada hari pelaksanaan acara.

Melalui kegiatan Bagi Buku Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri 2015 ini 1N3B telah menyalurkan dana sebesar Rp.34.805.100,- dengan perincian penggunaan sebesar 53,37% untuk kegiatan pendidikan, 41,32 % untuk rumah baca, 4,31% penyuluhan masakan sehat, dan 1 % untuk kesekretariatan.

Sampai dengan kegiatan selesai dilaksanakan masih ada saldo kas sebesar Rp.15.948.757,-. Saldo dana tersebut direncanakan akan digunakan untuk pembelian buku yang akan dikirim ke rumah baca di lokasi-lokasi kegiatan sebelumnya.

Dari kegiatan penggalangan dana sebagai partisipasi dan dukungan perorangan maupun perusahaan  untuk menyukseskan kegiatan 1N3B Bagi Buku Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri 2015 di Mataso, Kalimantan Barat. Komunitas 1N3B dan masyarakat sekitar Mataso secara khusus menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada para donator perorangan maupun korporat yang tercatat berikut ini, baik yang telah menyumbang dalam bentuk uang, natura dan lainnya.

  1. Dyah Wirastri
  2. Dinni Rulino
  3. Pengunjung GayoBies Pasar Santa
  4. Prasetya Mulya MMSM 40
  5. Tri Indarto
  6. Etik Susanty
  7. Girilawu
  8. Kotot Wasisto
  9. Maya Rosta
  10. Gayobies
  11. Wihana Kirana
  12. Hasil Saweran
  13. Agustinus Sujatmiko Sp. S
  14. ITTO PD 617/11
  15. Julia Theresia
  16. Iman Soesanto
  17. Jabriks
  18. Hamba Allah
  19. Gulam Mohamad
  20. Aecom
  21. Hamba Allah
  22. Sandra
  23. Ditha dan Yayi
  24. RoruKeki
  25. Mawmaw
  26. Echy
  27. Rika Sjafri
  28. Mohamad Iskak
  29. KSB Logistics
More from Report
Back to Top