1N3B

Education should be free from Geographic, Ethnicity, Religion, Race, and Social Group Isolation

Laporan Kegiatan Bagi Buku Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri 2012 di Desa Kelawis

 

Laporan Bagi Buku – Bagi Ilmu – Bagi Anak Negeri

Desa Klawis 15-17 November 2012

Pendahuluan

Berpegang pada prinsip: pendidikan semestinya bebas sekat geografis, suku, agama, ras, dan golongan sosial, pada tanggal 15-17 November 2012, Komunitas 1 Nusa 1 Bangsa 1 Bahasa 1 Bumi (1N3B) telah melaksanakan kegiatan “Bagi Buku – Bagi Ilmu – Bagi Anak Negeri“ di Desa Klawis, Kecamatan Orong Telu, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa Klawis merupakan ibukota Kecamatan Orong Telu, berjarak sekitar 79 Km dari ibukota Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Besar. Jarak tersebut harus ditempuh selama 3 – 4 jam dari Kota Sumbawa Besar karena kondisi jalan yang sebagian besar  bukanlah jalan beraspal.

Ada lima acara pokok yang dilaksanakan di lokasi adalah:

  • Pendirian Rumah Baca Masyarakat
  • Pendidikan Matematika dan Bahasa Kreatif di Alam Terbuka
  • Penyuluhan Kesehatan
  • Penyuluhan Pertanian
  • Pemutaran Film bertema Pendidikan

B. Acara

  1. Pendirian Rumah Baca Masyarakat

Dalam Acara Pendirian Rumah Baca Masyarakat, 1N3B mendistribusikan 1.814 eksemplar atau 1.654 judul buku ke Rumah Baca Dila, Desa Kelawis, dimana 580 eksemplar buku berasal dari pembelian dan 1.234 eksemplar buku berasal dari donasi langsung. Seluruh buku yang dikirim telah tersampul rapi dan lengkap dengan label warna kode klasifikasi. Sumbangan ini secara simbolis diterima oleh Camat Orong Telu, Bapak Sulaiman, pada tangal 17 November 2012.

Khusus bangunan Rumah Baca merupakan wakaf/derma dari salah seorang penduduk di Desa Klawis yang selanjutnya akan dikelola oleh masyarakat beserta guru-guru SD-SMP di Desa Klawis.

Lebih dari sekadar mendirikan, kegiatan ini sekaligus melatih tenaga-tenaga perawat perpustakaan yang berasal dari guru-guru sekolah sekitar, agar koleksi panjang umur dan tertata rapijali selalu.

Lain dari pada itu, untuk lebih mengenalkan rumah baca Dila kepada masyarakat Desa Kelawis khusunya anak-anak, juga diadakan permainan berupa lomba mencari buku yang dikombinasikan dengan latihan baca tulis para peserta lomba.

1N3B-Klawis-7309

  1. Acara Pendidikan Matematika dan Bahasa Kreatif di Alam Terbuka

Pokok acara kedua, yakni Acara Pendidikan Matematika dan Bahasa Kreatif di Alam Terbuka,  diikuti oleh 97 siswa SD dan SMP dengan melibatkan guru-guru setempat selama hampir 4 jam pada tanggal 16 November 2012. Namun demikian pada sehari sebelumnya, tanggal 15 November 2012 siswa-siswa dan guru-guru setempat tersebut telah diberikan pembekalan dan latihan terlebih dahulu oleh Manajer Pendidikan dari Tim 1N3B. Pada kesempatan acara ini, permainan roket air yang biasanya digunakan hanya untuk pelajaran fisika, oleh Tim 1N3B digabungkan dengan kegembiraan hitungan mundur peluncuran dengan matematika sederhana dan pembelajaran bahasa. Pada langkah pertama, murid-murid diminta untuk menghitung berurutan sampai sepuluh, lalu, menghitung balik ke nomor satu, keduanya dilakukan dalam bahasa Inggris. Roket Air akan diluncurkan hanya setelah para siswa yang telah dikelompokkan dalam regu-regu menghitung dengan cara yang benar.

3. Penyuluhan Kesehatan

Pokok acara kedua adalah penyuluhan kesehatan berupa penyuluhan kesehatan gigi yang disertai dengan pemeriksaan gigi dan praktek cara menyikat gigi dengan baik dan benar kepada siswa-siswi kelas 1 dan 2. Acara yang dipimpin oleh drg. Bambang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa ini, diikuti oleh 45 siswa kelas 1 dan 2. Pemeriksaan gigi dilakukan kepada 11 siswa kelas 1 dan 8 siswa kelas 2.

Hasil Pemeriksaan kelas 1:

Tidak ada kelainan/Normal
Gigi susu atas kanan dan kiri: Gangren Pulpa
Gigi susu seri depan atas: Rampant Caries
Gigi susu seri depan atas kiri: Rampant Caries
Gigi susu seri depan atas kanan-atas: Rampant Caries
Gigi susu seri depan atas kanan-atas: Rampant Caries

Hasil Pemeriksaan kelas 2:

Tidak ada kelainan/Normal
Gigi susu seri atas kiri depan: Goyang 3 derajat
Gigi susu seri atas kiri depan: Goyang 3 derajat
Gigi susu seri depan bawah kiri : Goyang 1 derajat
Gigi susu atas tengah kanan dan kiri : Goyang

  1. Penyuluhan Pertanian

Untuk kali pertama, 1N3B mengadakan acara penyuluhan pertanian mengenai pemanfaatkan tanah perkarangan di rumah, sekolah dan kantor dengan tanaman. 1N3B mendisitribusikan bibit mangga arumanis sebanyak 100 pohon, sawo sebanyak 20 pohon dan golodokan tiang sebanyak 20 pohon. Sumbangan ini secara simbolis diterima oleh Camat Orong Telu pada tangal 17 November 2012 yang disertai dengan penanaman pohon mangga di halaman kantor Kecamatan Orong Telu.

  1. Pemutaran Film bertema Pendidikan

Pada tanggal 16 November 2012 dimulai jam 19.30, dilakukan pemutaran film Tanah Surga. Film yang mengetengahkan perjuangan anak-anak yang hidup dengan tantangan geografis dan keterbatasan sarana, namun tidak menjadi penghalang untuk meraih cita-cita yang diinginkan. Dengan pemutaran film ini, selain sebagai sarana hiburan setelah sehari penuh berkegiatan juga diharapkan dapat memotivasi anak-anak Desa Kelawis dan sekitarnya untuk tetap bersemangat meraih cita-cita di tengah keterbatasan yang ada. Film tersebut diputar di halaman kantor Kecamatan Orong Telu dengan disaksikan oleh Camat Orang Telu, Bapak/Ibu Guru dan penduduk di Desa Klawis serta desa-desa sekitar.

 

C. Keuangan

Untuk kegiatan ini, 1N3B  telah menggunakan dana senilai Rp 42.535.977,00. Seluruh donasi dialokasikan untuk pelaksanaan acara. Biaya perjalanan relawan tim lapangan sebanyak 11 orang dari Jakarta, 1 orang dari Mataram dan 3 orang dari Sumbawa Besar adalah murni swadaya para relawan. Persentase pengeluaran terbesar adalah untuk pos pengeluaran Rumah Baca, 70, 21% disusul oleh pos pengeluaran Pendidikan 19,97% sisanya sebesar 9,82% untuk pos pengeluaran Sekretariat, Penyuluhan Kesehatan, Dokumentasi dan Merchandise.

Kerja keras pendekatan individual dan penjualan langsung cindera-mata, mampu mencukupi kebutuhan minimal pelaksanaan kegiatan. Adapun sumber dana terbesar (79,78%) adalah donasi perorangan, disusul penjualan cinderamata (9,78%). Besarnya donasi perorangan mencerminkan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap kegiatan ini. Laporan lebih rinci mengenai kegiatan dan pemakaian dana masyarakat dapat disimak pada lampiran.

Besarnya sumbangan pribadi mencerminkan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap kegiatan ini. Atas nama 1N3B dan putra-putri Desa Kelawis dan sekitarnya, kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan ini. Laporan lebih rinci mengenai pemakaian dana masyarakat dapat disimak pada lampiran.

1N3B-Klawis-9210

D. Penutup

Kami menyadari sepenuhnya kegiatan Bagi Buku Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri pada tanggal 15-17 November 2012 bukanlah obat instant yang langsung dapat menyembuhkan segala permasalahan di Desa Kelawis. Mengingat kutipan RA Kartini, “Berilah aku pendidikan maka kami akan bangkit sebagai bangsa yang memiliki cita-cita, kami yakin bahwa ini adalah suatu ikhtiar dengan niat tulus dari semua pihak yang terlibat, untuk membantu masyarakat khususnya adik-adik di Desa kelawis dan sekitarnya dalam mengejar ketertinggalan dan meraih cita-cita.

Dengan keluarnya laporan kegiatan “Bagi Buku – Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri”, paripurna juga proses kegiatan ini, sejak diterimanya formulir pengumpulan data desa, pada Agustus 2012.

Akhir kata seluruh tim 1N3B 2012 dan mewakili masyarakat Desa Kelawis, Kecamatan Orong Telu, Kabupaten Sumbawa, sekali lagi mengucapkan terima kasih. Kami mohon maaf apabila selama pesiapan sampai dengan selesainya kegiatan, terdapat kesalahan dan kekurangan. Semoga kami menjadi lebih baik pada kegiatan mendatang. Sampai jumpa di kegiatan 1N3B selanjutnya.

Laporan Keuangan detail dan susunan TIm dapat dilihat pada Lampiran ini

More from Report
Back to Top