1N3B

Education should be free from Geographic, Ethnicity, Religion, Race, and Social Group Isolation

LAPORAN KEGIATAN “BAGI BUKU – BAGI ILMU BAGI ANAK NEGERI 2010” DI SUMBA


Cover Laporan
Sahabat 1N3B,

Ketika di pertengahan Maret 2010, Komunitas 1 Nusa 1 Bangsa 1 Bahasa 1 Bumi (1N3B) mulai menyampaikan kepada publik rencana untuk mengadakan acara “Bagi Buku, Bagi Ilmu, Bagi Anak Negeri” di Desa Ngadulanggi, Kecamatan Nggaha Oriangu, Kabupaten Sumba Timur, propinsi Nusa Tenggara Timur, tak henti-hentinya aliran dukungan baik secara moral, donasi maupun tenaga yang kami dapatkan dari para Sahabat 1N3B. Demikian, Laporan Kegiatan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban kami atas kepercayaan yang telah diberikan oleh para donatur dan khalayak umum yang akan menjelaskan detail pelaksanaan kegiatan dan rincian penggunaan dana, dibandingkan dengan rencana awal yang tercantum dalam proposal kegiatan.

Hasil survei lapangan pada tanggal 19 Maret 2010, memang memperlihatkan bahwa Desa Ngadulanggi adalah sasaran ideal yang sesuai dengan semangat dasar gerakan 1N3B yaitu untuk bahwasanya pendidikan semestinya bebas sekat geografis, suku, agama, ras dan golongan sosial. Ketika pada akhirnya kami melaksanakan kegiatan tersebut pada tanggal 29-30 Juli 2010, kami juga menemukan bahwa semangat untuk terbebas dari berbagi sekat yang membatasi pengembangan potensi pribadi dan daerah telah dimiki oleh penduduk dan aparat pemerintahan setempat. Semangat ini membuat kegiatan-kegiatan yang direncanakan yaitu pendirian Rumah Baca, pendidikan bagi murid-murid Sekolah Dasar, penyuluhan dan pengobatan cuma-cuma serta pembangunan bak penampungan air hujan, dapat terlaksana dengan baik.

Ibaratnya memancing bersama, 1N3B tidak sekadar memberikan kail dan umpan, kami juga mengajak masyarakat setempat untuk membuat kail dan mencari umpannya. Begitu juga dalam mewujudkan kegiatan ini, kami mendorong masyarakat memanfaatkan potensi lokal, berpartisipasi dalam penyediaaan ruang dan rak untuk Rumah Baca dan menyediakan tenaga untuk bergotong royong membangun bak penampungan air hujan. Peran aktif ini disengaja agar tumbuh rasa memiliki dan kebersamaan dalam memelihara dan mengelola fasilitas-fasilitas yang dibangun untuk kesejahteraan penduduk desa.

Atas terlaksananya kegiatan ini, kami bersyukur kepada Tuhan YME dan dengan tulus kami menghaturkan terima kasih kepada Sahabat 1N3B, Camat Nggaha Oriangu, Bapak Umbu Maramba Miamang, Spt, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Obed Hilungara, S.H., MSi , Kepala Desa Ngadulanggi Bapak Umbu Karipiwiruhi, masyarakat desa Ngadulanggi, Pulupanjang dan Mandas, serta seluruh pihak yang memberikan kontribusi untuk kegiatan “Bagi Buku Bagi Anak Negeri 2010”. Bagi kami, menjadi bagian dari kegiatan ini adalah sebuah proses pembelajaran dan dalam proses tersebut tentu masih banyak ruang untuk perbaikan di masa yang akan datang. Atas segala kekurangan tersebut dari lubuk hati yang paling dalam, saya mewakili Komunitas 1N3B menghaturkan permohonan maaf.

Salam 1N3B!
Atas nama Tim 1N3B untuk Ngadulanggi
Manajer Umum

Yoga Amalia

Laporan lengkap dapat dilihat di: Laporan Kegiatan 1N3B Tahun 2010

More from Report
Back to Top