1N3B

Education should be free from Geographic, Ethnicity, Religion, Race, and Social Group Isolation

Laporan Kegiatan “Bagi Buku – Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri 2009” di Mentawai

Laporan Kegiatan

“Bagi Buku – Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri 2009”

Gerakan 1 Nusa 1 Bangsa 1 Bahasa 1 Bumi

Pada 20-23 Mei 2009 komunitas 1N3B [1 Nusa 1 Bangsa 1 Bahasa 1 Bumi] telah melaksanakan acara “Bagi Buku – Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri” di Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Semula acara direncanakan ada di dua tempat, yakni Muara Siberut juga. Namun atas pertimbangan medan dan waktu, tim memangkas rencana dan memusatkan konsentrasi hanya ke Desa Madobag belaka.

Empat acara pokok yang dilaksanakan selama hari-hari di lokasi adalah: penambahan koleksi dan perlengkapan rumah baca masyarakat, pendidikan sains dan humaniora di alam terbuka, pengobatan massal sekaliguspenyuluhan kesehatan, dan nonton bareng film Laskar Pelangi.

1N3B mendistribusikan 1.552 eksemplar atau 1.401 judul buku ke Rumah Baca Tuddukat, dimana 281 eksemplar buku berasal dari pembelian dan 1.271 eksemplar buku berasal dari donasi langsung. Seluruh buku yang dikirim telah tersampul rapi dan lengkap dengan label warna kode klasifikasiSumbangan ini secara simbolis diterima oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai pada 21 Mei 2009. Rumah baca iniselanjutnya akan dikelola oleh SD-SMP Satu Atap Negeri 07 Madobag.

Acara pendidikan sains dan humaniora luar-ruangan melibatkan 110 murid SD-SMP Satu Atap 07 ditambah10 guru. Selama hampir empat jam, pada 22 Mei 2009, mereka mempelajari prinsip metodologi penelitian, fisika, biologi lingkungan, geologi, dan kecerdasan ruang melalui enam matapelajaran. Keenam matapelajaran itu adalah: herbarium, kelembaman (inertia), telepon kaleng, gempa bumi, roket air dan mini trilomba.

Pokok acara ketiga adalah pengobatan massal dan penyuluhan kesehatan masyarakat seputar PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) . Mengandalkan dua dokter umum dan dukungan tiga paramedis setempat, acara ini menangani 356 pasien dalam dua gelombang, 21 Mei dan 22 Mei 2009.

Untuk kegiatan ini, 1N3B 2009 telah menyalurkan dana senilai Rp30.149.521, tidak termasuk ongkos perjalanan tim lapangan dan melibatkan 36 orang, 17 di antaranya turun ke lokasi. Sebanyak 52,8 persen dana membanjiri Pustaka Tuddukat, 32,7 persen mengalir ke pendidikan/permainan sains, 12,8 persen menetes ke pengobatan massal dan penyuluhan kesehatan, 1,6 persen ke pengeluaran sekretariat.

Dana yang terhimpun untuk acara ini 55,1 persen rencana anggaran. Partisipasi komersial perusahaan yang semula jadi andalan, gagal total. Namun hal ini bukan gelagat kiamat. Kerja keras penjualan langsung cindera-mata dan pendekatan individual, mampu menambal kebutuhan minimal pelaksanaan acara.

Sumber dana terbesar (71,9 persen) adalah sumbangan pribadi, disusul penjualan cindera-mata (24,5 persen), kerjasama penjualanan buku dengan Penerbit Gramedia (2,3 persen). Gabungan swadana warga Madobag dan kerjasama donasi lintas komunitas (Jakarta Ocean Dive) menyumbang 1,3 persen.

Besarnya sumbangan pribadi mencerminkan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap kegiatan ini. Atas nama 1N3B dan putra-putri Desa Madobag, kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan ini. Laporan lebih rinci mengenai kegiatan dan pemakaian dana masyarakat dapat disimak pada lampiran.

Dengan keluarnya laporan kegiatan “Bagi Buku – Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri”, paripurna juga proses kegiatan ini, sejak terbersit sebagai ide pada Maret 2009. Pada tanggal 12 September 2009,1N3B akan memublikasikan film dokumentasi acara “Bagi Buku – Bagi Ilmu Bagi Anak Negeri”. Kami akan mengirim prodeo film ini dalam edisi DVD terutama kepada para donatur dan pendukung kegiatan ini. Rasanya terlalu tinggi hati menyebut film seperti ini sebagai tanda terimakasih. Mungkin lebih tepat menyebut benda ini sebagai tuddukat atau warta, yang mengabarkan kepada dunia bahwa sekat geografis, suku, agama, ras, dan golongan sosial, pernah ditembus oleh 1N3B di Mentawai atas bantuan dan kerjasama berbagai pihak pula.

Akhir kata seluruh tim 1N3B 2009 dan mewakili masyarakat Desa Madobag di P. Siberut, sekali lagi mengucapkan terima kasih. Kami mohon maaf atas keterlambatan pelaporan kegiatan dan keuangan ini yang hampir dua bulan dari rencana. Semoga kami menjadi lebih baik pada kegiatan mendatang. Sampai jumpa di kegiatan 1N3B selanjutnya.

Jakarta, 29 Agustus 2009

Atas Nama Tim 1N3B

Ketua

Fakhri Julverdie

File Laporan dalam bentuk PDF (Small File)

File Laporan dalam bentuk PDF (Large File)

More from Report
Back to Top